Selasa, 12 Januari 2010

Sekolah Alam Bangunharja


"Ti Gusti Rabb Anu Murbeng Alam, Urang Sarerea Kenging Elmu Pangaweruh"

Sekolah bagi anak usia Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) dengan konsep menjadikan sekolah terindah bagi siswa-siswinya.

Sekolah Alam Bangunharja mengajak orang tua siswa bersama pengelola sekolah (yayasan) dan syura guru mengamati dan membantu proses belajar di Sekolah Alam Bangunharja, karena sesungguhnya mendidik dan mengarahkan anak adalah kewajiban orang tuanya. Diharapkan dengan kerja sama orang tua, guru, dan pihak yayasan akan tercipta lingkungan belajar kondusif yang menyenangkan semua pihak, terutama para siswa.

Intro:

Sekolah alam adalah sebuah model pendidikan yang berusaha mengadaptasi apa yang telah dibuktikan oleh Rasulullah SAW pada masanya ke masa kini dan masa di mana generasi Rabbani kelak menjadi pemimpin di muka bumi. Sekolah Alam berusaha mengembangkan pendidikan bagi semua (seluruh ummat manusia) dan belajar dari semua (seluruh makhluk di alam semesta).

Sekilas Pandang

Kemerdekaan berarti kebebasan manusia untuk menentukan bagaimana mereka mengatur dirinya sendiri dan merencanakan masa depan generasi berikutnya.

Namun saat sekelompok orang meraih kemerdekaan mereka harus menghadapi banyak rintangan dalam membangun sebuah bangsa. Hanya dengan pendidikan yang baik akan menjadikan bangsa itu besar dan bermartabat.

Sekolah alam adalah salah satu cara yang tepat untuk mendidik anak bangsa menjadi pemimpin dunia, dimana alam mendekatkan mereka kepada penciptanya dan mengajarkan mereka untuk bersyukur atas nikmat yang diberikan.

Dengan nikmat yang tuhan berikan berupa kekayaan alam kita harus mendidik rasa kemanusiaan yang adil dan beradab dalam pemanfaatan alam bagi keberlangsungan hidup kita serta terus membangkitkan rasa persatuan dari keberhasilan yang kaya di bumi Indonesia agar terus berjaya berikut kekayaan alamnya.

Sekolah alam sangat menitik beratkan pembelajaran ahlak agar melahirkan pemimpin yang mengacu pada fungsi penciptaan anak manusia sebagai khalifatullah fil Ardh yang mengharuskan wujudnya ahlakul kharimah. Untuk mencapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Tidak ada komentar: